468x60 Ads

Selasa, 02 Juni 2015

Pertanyaan yang sering ditanyakan

1.        Apa syarat untuk melamar pekerjaan di Kapal Pesiar?
  • Syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan kapal pesiar adalah:
  • Laki-laki atau Perempuan.
  • Umur diatas 20 tahun (beberapa perusahaan menetapkan 21 tahun).    
  • Berpengalaman di bidangnya minimal 1 atau 2 tahun.
  • Berbadan sehat, tidak buta warna.
  • Mempunyai background pendidikan sesuai dengan bidangnya lebih     diutamakan. 
  • Memiliki dokumen utama seperti; Passport, Buku Pelaut,dan  Sertifikat BST. Beberapa perusahaan di Eropa bahkan mengharuskan setiap pelamar memiliki dokumen lain seperti; Crisis & Crowd Management (CCM) certificate, Fire Fighting, dll.
  • Menunjukkan dokumen pendukung seperti; Surat Pengalaman Kerja, SKCK dari kepolisian, Ijazah/Sertifikat pendidikan, dll
2.        Apakah ada kualifikasi tertentu?
  • Tentu saja ada. Anda dinyatakan “Qualified” jika anda menguasai beberapa kualifikasi dibawah ini;
  • Menguasai bahasa Inggris lisan maupun tertulis, dibuktikan dengan interview dan tes kompetensi bahasa Inggris.
  • Menguasai skill atau keahlian sesuai dengan posisi yang anda lamar, dibuktikan dengan interview dan surat keterangan atau rekomendasi yang relevan.
  • Berpendidikan sesuai dengan bidang atau posisi yang anda lamar, dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat pendidikan.
  • Berbadan sehat dan bebas narkoba, dibuktikan dengan hasil medical check up di laboratorium yang ditunjuk.
  • Berwawasan luas dibidang Hospitality Service, dibuktikan dengan interview.
3.        Dimanakah saya harus melamar dan mengikuti interview?
  • Saat ini puluhan perusahaan kapal pesiar internasional memiliki Recruitment Agency di Indonesia. Anda bisa mendatangi salah satu agen tersebut untuk melamar dan mengikuti interview sesuai jadwal yang sudah diatur oleh perusahaan dan agen-nya.
  • Silahkan periksa daftar nama agen beserta alamatnya yang ada dibagian lain dalam konten blog ini, di Alamat Cruise Lines Recruitment Agency.
  • Jika anda harus memakai jasa pihak ketiga atau calo, pastikan kredibilitasnya dan cek ulang dengan agensi yang diwakilinya.
4.        Bagaimana proses rekruitmen berlangsung?
Setiap agensi menerapkan sistem yang berbeda untuk proses rekruitmen, tergantung pada perusahaan yang diwakilinya. Namun secara umum anda harus melalui proses seperti dibawah ini:

  • Aplikasi; Memasukkan lamaran disertai proses verifikasi.
  • Agent Interview;  seleksi awal yang dilaksanakan oleh agensi untuk menentukan pelamar  sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.
  • Tes Kompetensi Bahasa Inggris; Tes bahasa Inggris secara online dengan skor minimal yang sudah ditentukan sesuai dengan posisi yang anda lamar.
  • User Interview; tes wawancara akhir yang dilaksanakan langsung oleh perusahaan kapal pesiar melalui perwakilannya.
  • Melengkapi dokumen yang belum anda miliki (BST, Seaman Book, dll).
  • Medical Check-Up; pemeriksaan medis secara menyeluruh di laboratorium yang ditunjuk oleh agensi, untuk menentukan apakah kesehatan anda memenuhi persyaratan minimal untuk bekerja di kapal pesiar.
  • Menerima Guarantee Letter atau Job Letter dari perusahaan melalui agensi.
  • Visa Application; membuat visa di perwakilan Negara (kedutaan/konsulat) yang dituju.
  • Passport Endorsement dan Sign-On stamp di kantor imigrasi pelabuhan.
  • Sign On; Terbang ke Negara tujuan dan memulai pekerjaan anda sebagai International Cruise Lines Crewmember.
5.        Apa itu BST dan dimana saya bisa mendapatkan serifikat BST?
Kepanjangan BST adalah Basic Safety Training, yaitu pelatihan dasar-dasar keselamatan untuk personel yang bekerja di laut lepas. Crew kapal pesiar termasuk personel yang wajib mendapatkan pelatihan ini. Karena itu training ini wajib diikuti sebelum anda bekerja di kapal pesiar. Untuk pertanyaan mengenai jadwal, biaya, dan lamanya  training atau pelatihan ini anda bisa menghubungi beberapa penyelenggara training seperti di bawah ini:



Fokus maritime training center
Duta Mas Fatmawati Blok B2 No. 34-35
Jl. RS Fatmawati No. 39
Jakarta Selatan 12150
Phone : (021) 7210075, 7210065
Fax : (021) 7231965
Email : info@focus-access.com



PIP – Semarang
Politeknik Ilmu Pelayaran
Jl. Singosari No. 2A Semarang – Jawa Tengah 
Phone: (024) 311527/28
Fax: (024) 311529
Email: info@pip-smg.ac.id



PERTAMINA – MTC
Jl. Pemuda No. 44 Jakarta Timur
Telp. (021) 4890658, 4721082
Fax. (021) 4893318
E-mail : diksus@pertaminashipping.com



6.  Berapa biaya untuk mengikuti proses recruitment?
Proses recruitment itu sendiri sebetulnya tidak di pungut biaya. Meskipun ada beberapa agensi yang menarik biaya pendaftaran, itupun tidak pernah lebih dari Rp.150.000.
Tetapi anda memang harus menyiapkan biaya untuk keperluan seperti dibawah ini;
Pengadaan dokumen seperti;  passport, Seamen Book, BST training, dll.
Pembuatan Visa; Beberapa konsulat menerapkan biaya tertentu untuk pembuatan Visa. Jumlahnya berbeda-beda di setiap Negara.



Medical Check-Up; Cek kesehatan secara menyeluruh memerlukan biaya yang tidak sedikit, sekitar 1 s/d 3 juta rupiah, tergantung laboratorium yang ditunjuk.
Tes kompetensi bahasa Inggris secara online.



Pembuatan SID (Seafarer Identification), jika anda akan bekerja di perusahaan Amerika.
Pembuatan KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) di Disnaker.
Preparation Training; beberapa Cruise Lines mengharuskan calon crew mengikuti training ini sebelum Sign-On. Training ini di selenggarakan oleh agensi melalui lembaga pelatihan yang ditunjuk.



Transportasi; jika agensi berada di kota yang berlainan dengan tempat tinggal anda, sediakan biaya untuk transportasi karena anda akan sering pergi pulang dari rumah anda ke kantor agensi yang mewakili anda.


Ticket Pesawat ke Negara yang dituju; Banyak perusahaan kapal pesiar yang mengharuskan ‘New Hire Crewmember’(crew baru) untuk menyediakan tiket penerbangannya sendiri ke Negara dimana kapal bersandar. Tapi ada juga perusahaan kapal pesiar yang menyediakan tiket penerbangan untuk crew baru meskipun gaji anda akan sedikit di potong sebagai kompensasinya.
Agent Fee; Untuk kerja keras agensi yang telah mengurus berbagai keperluan anda dari awal sampai anda berangkat ke Negara tujuan untuk memulai pekerjaan anda, mereka menerapkan biaya yang bervariasi. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu sebelumnya agar tidak terjadi kesalahpahaman.
Biaya tak terduga; siapkan juga beberapa ratus dollar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga yang mungkin terjadi sebelum anda berangkat bekerja. Kalau semua berjalan lancar, uang itu dapat anda gunakan untuk uang saku selama beberapa minggu sebelum anda menerima gaji pertama anda di atas kapal.


7.       Saya ingin sekali bekerja di kapal pesiar, tapi tidak punya pengalaman dan   background yang sesuai. Bagaimana?


Karena kedua hal itu sangat menentukan dalam proses recruitment ke kapal pesiar, ada baiknya anda belajar di akademi perhotelan atau mengikuti pendidikan profesi perhotelan terlebih dulu. Perlu anda ketahui, sekarang ini sudah banyak berdiri lembaga pendidikan singkat yang mendidik calon crew kapal pesiar. Salah satunya adalah Atlantis Voyagers Jogjakarta, dimana anda bisa mendapatkan pengalaman yang dibutuhkan, sekaligus background yang sesuai melalui program pendidikan yang terarah, terstruktur, dan memakai kurikulum yang terstandardisasi. Program magang di Atlantis Voyagers Jogjakarta memungkinkan anda untuk mendapatkan pengalaman kerja seperti yang dibutuhkan industri kapal pesiar internasional.


8.        Bagaimana jika bahasa Inggris saya hanya pas-pasan?
Perlu disadari bahwa anda nanti akan bekerja di lingkungan internasional. Tidak hanya tamu yang anda layani yang berasal dari seluruh dunia, tetapi teman-teman kerja anda mungkin juga berasal dari seluruh dunia. Oleh karena itu, orang yang kemampuan bahasa Inggrisnya  pas-pasan, pasti tidak akan mendapat tempat di industri ini.
Bisa dipastikan anda akan gagal dalam proses recruitment karena proses interview menggunakan bahasa Inggris, dan banyak Cruise Lines yang menerapkan tes kompetensi bahasa Inggris dengan nilai skor yang sudah ditentukan sesuai posisi yang anda lamar.
Saran terbaik adalah; mulailah belajar berbahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di lembaga kursus yang terpercaya.



9.        Apakah tes Kompetensi Bahasa Inggris itu?
Tes kompetensi bahasa Inggris (English Competency Test) adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang dilaksanakan secara online. Saat ini English Competency Test untuk hospitality service personnel di sediakan oleh Marlins English Test Center dan dipakai oleh hampir semua Cruise Lines Company yang berasal dari Amerika dan Inggris Raya.
Setiap calon crew member harus melalui tes ini dan mendapatkan skor diatas nilai minimal sesuai dengan posisi yang di lamar. Hampir semua unsur dalam bahasa Inggris akan di uji di dalam tes ini, meliputi;



 Listening – mendengarkan percakapan dan menjawab pertanyaan tentang percakapan tersebut.     
Grammar – menjawab pertanyaan tentang tata bahasa Inggris seperti; tenses, preposisi, verb & adjective, passive voice, direct & indirect speech, dll
Grammatical Pictures – menjawab pertanyaan tentang tata bahasa sesuai dengan gambar yang ditampilkan.
Structure – merangkai kata – kata yang tidak beraturan hingga menjadi kalimat yang mempunyai arti dan benar secara grammatical.
Vocabulary – terdiri dari tiga bagian yaitu: (a) Categorizing – memilih kata sesuai dengan kategori yang di tanyakan. (b) Contexting – memilih satu diantara empat kata yang tidak sesuai konteksnya. (c) Picture Vocabulary – Memberi nama beberapa benda yang ditampilkan dalam gambar.
Numbering – menjawab pertanyaan mengenai penyebutan angka-angka dalam bahasa Inggris.
Reading Comprehension – Melengkapi kalimat yang terangkai menjadi beberapa paragraph bacaan.
Sebagai informasi tambahan, soal dalam tes ini berjumlah 60 dan harus diselesaikan dalam waktu 30 menit. Tes ini berbasis ‘Real Time Online Tes’ dan sertifikat tes tersedia segera setelah tes diselesaikan.
Untuk informasi yang lebih detai dan jelas mengenai tes ini silahkan klik disini.



10.    Dimana saya bisa belajar untuk menghadapi tes kompetensi bahasa   Inggris ini?
Tidak semua lembaga kursus bahasa Inggris mempunyai special course untuk menghadapi tes kompetensi seperti ini.  Apalagi karena tes ini memakai terminologi  khusus seputar hospitality service atau terminologi perhotelan.
Yang paling mungkin adalah menemukan guru privat untuk anda sendiri dan mintalah dia untuk mengajari anda unsur-unsur bahasa seperti yang sudah dijelaskan di pertanyaan no.9.



Jika anda merasa kurang yakin dengan kemampuan guru privat anda, Atlantis Voyagers Jogjakarta dengan senang hati akan membantu anda mempelajari bahasa Inggris secara komprehensif dan terarah. Kurikulum bahasa Inggris yang disediakan di Atlantis Voyagers Jogjakarta memungkinkan anda untuk bisa menguasai bahasa Inggris untuk keperluan hospitality service dengan benar dan terprogram. Andapun dapat menghadapi tes kompetensi ini dengan skor sesuai yang anda inginkan. Semua materi pelajaran Bahasa Inggris di Atlantis Voyagers Jogjakarta ditujukan untuk membantu siswa memahami dan menguasai bahasa Inggris secara baik dan benar, yang meliputi; Grammar, Vocabulary, Comprehension, dan Conversation.
Siswa juga dilatih untuk menghadapi tes kompetensi Bahasa Inggris dengan materi dan bahan yang didapatkan langsung dari sumbernya, dengan metoda diskusi dan simulasi tes online yang up to date.



11.    Posisi apa saja yang ditawarkan di Kapal pesiar?
Hampir semua posisi di dalam hospitality service tersedia untuk anda. Secara umum Kapal pesiar menyediakan posisi-posisi seperti di dalam industri perhotelan, dan anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan background pendidikan dan pengalaman anda.
Sebagai catatan, banyak perusahaan kapal pesiar hanya menyediakan 'entry level position' untuk crew baru. Namun tidak tertutup kemungkinan, anda bisa langsung diterima di posisi tertentu (bukan 'entry level'), jika anda memang mempunyai skill dan pengalaman yang bagus.
Berikut adalah posisi-posisi yang ditawarkan di Kapal Pesiar Internasional;


1) Hotel Steward/Stewardess, Housekeeping    Attendant, General Purpose Attendant.
Bertanggung jawab atas kebersihan di public areas dan semua fasilitas untuk umum, termasuk di open deck, kolam renang, lobby, public toilet, restaurant, dll.
Beberapa juga bertanggung jawab atas kebersihan di semua fasilitas umum yang ditujukan untuk crew member.


2) Stateroom Steward/Stewardess, Cabin Steward
Bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik untuk tamu dengan menjaga kebersihan kamar-kamar tamu, dan menyediakan semua kebutuhan tamu yang berhubungan dengan kelengkapan kamar dan kamar mandi tamu.
   
3) Laundry Attendant

Bertanggung jawab untuk menjalankan 'Laundry Operation' setiap hari. Mencuci semua linen dari semua department, dan menyediakan jasa mencuci dan menyetrika pakaian untuk tamu dan crew.


4) VSP (Vessel Sanitation Personnel), Pest Control
Bertanggung jawab untuk mengontrol masalah sanitasi di atas kapal, membasmi serangga (pest control), dan mengelola hal-hal yang berhubungan dengan sanitasi dan kebersihan lingkungan.


5) Handy Man, HK Maintenance
Bertanggungjawab atas perbaikan kerusakan-kerusakan ringan pada fasilitas yang berhubungan dengan kegiatan kerja Housekeeping Department. Background perhotelan tidak begitu diperukan untuk posisi ini.


6) Tailor, Penjahit
Bertanggungjawab untuk perbaikan linen, seragam kerja crew, pengadaan lap (cloth/rags) untuk kebersihan, dll. Background perhotelan tidak begitu diperukan untuk posisi ini.


7) Cook/ Assistant Cook
Bertanggungjawab atas ketersediaan makanan baik untuk tamu maupun crew sesuai dengan bidang kerjanya. Didalamnya juga terdiri dari; Pastry, Baker,Butcer,dll.                       


8) Demi Chef & Chef de Party
Demi Chef bertugas sebagai supervisor yang mengawasi dan mengontrol pekerjaan Cook, termasuk mengatur jadwal dan placement untuk cook yang bertugas setiap hari.
Chef de Party bertindak sebagai cook manager yang bertugas mengatur tugas cook di bagiannya masing-masing.


9) Galley Steward, Kitchen Utility, Galley Utility
Bertanggungjawab atas kebersihan seluruh kitchen area, kitchen equipment, dan juga restaurant equipment. Galley Steward juga bertanggung jawab untuk ketersediaan perlengkapan makan dan minum yang bersih dan sehat sesuai standar.


10) Assistant Waiter/Waitress, Staff Waiter/Waitress


Assistant waiter/waitress bertugas membantu waiter/waitress untuk memberikan pelayanan terbaik kepada tamu di restaurant.
Staff Waiter/Waitress bertanggungjawab untuk melayani staff dan crew di crew mess/staff dining room.


11) Bar Waiter/Waitress
Bertanggungjawab untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu yang berhubungan dengan beverage service di bar atau coffee shop.


12) Assistant Storekeeper
Bertanggungjawab membantu storekeeper mengatur dan mengantar barang-barang ke seluruh department sesuai permintaan (requisition).
Juga bertugas untuk membantu storekeeper manager melakukan inventarisasi (inventory) pada waktu yang telah ditentukan. Loading dan Unloading juga menjadi bagian dari tugas.



Catatan: Posisi-posisi diatas bukanlah keseluruhan posisi yang ditawarkan di kapal pesiar. Meskipun demikian posisi-posisi itulah yang paling sering di tawarkan, terutama pada agensi-agensi yang beroperasi di Indonesia.
Vakansi atau ketersediaan lowongan untuk 'Special Skill Positions' tidak terlalu sering ditawarkan di Indonesia, namun ada baiknya anda menanyakan terlebih dahulu kepada agensi jika anda berminat bekerja pada posisi diluar yang sudah tercantum diatas.



12.     Berapa gaji awal yang diterima crew di kapal pesiar?


Gaji yang anda terima di kapal pesiar jumlahnya bervariasi. Masing-masing perusahaan menetapkan standard gaji yang berbeda dengan yang lain. Begitu juga, posisi dan department tempat anda bekerja juga menentukan jumlah gaji yang anda terima.
Namun perlu dibedakan antara gaji dengan pendapatan. Sebab di kapal pesiar anda mempunyai banyak sekali kesempatan untuk menambah penghasilan  dan pendapatan diluar gaji yang anda terima dengan melakukan 'side job' atau pekerjaan sampingan. Jadi pendapatan anda sangat tergantung dari kemauan anda untuk menambah penghasilan melalui bermacam-macam pekerjaan sampingan yang tersedia.
Menurut pengalaman dan pengetahuan penulis, yang pernah selama 10 tahun bekerja di kapal pesiar Amerika, gaji untuk entry level position berkisar antara USD 450 s/d USD 650 setiap bulan. Namun pendapatan anda bisa mencapai USD 800 s/d USD 1000 per bulan dengan melakukan beberapa 'side job'.
Setelah melewati proses promosi, crew yang bekerja di service department (Housekeeping, Bar, dan F&B) bisa memperoleh penghasilan di atas USD 2000 atau bahkan USD 3000 per bulan.



13.     Berapa jam crew harus bekerja setiap hari?
 Peraturan internasional menetapkan bahwa setiap pekerja tidak diperbolehkan bekerja lebih dari 10 jam setiap harinya. Begitupun di kapal pesiar. Dalam satu minggu, crew harus bekerja selama 70 jam dengaan hak potongan 5 jam kerja. Jadi rata-rata crew bekerja 10 jam dalam sehari, dan seminggu sekali mendapatkan jatah 'off' selama 5 jam kerja.

Semua crew member harus mematuhi aturan ini dan tidak boleh bekerja melebihi 10 jam setiap hari-nya. Jam kerja crew kapal pesiar dikontrol dengan alat absensi yang dioperasikan secara digital. Semua crew harus 'clock in' ketika memulai pekerjaannya, dan 'clock out' setelah menyelesaikan pekerjaannya.


14.     Berapa lama jeda waktu setelah lolos seleksi dan keberangkatan?
Setelah seorang kandidat dinyatakan lolos seleksi, proses keberangkatan juga mulai di rencanakan. Pertama, kandidat harus melakukan medical check-up seperti yang telah disyaratkan. Oleh agensi, hasil medical check-up tersebut lalu dikirimkan ke perusahaan kapal pesiar, bersama dengan data-data pendukung yang lain.
Berdasarkan itu semua, perusahaan lalu mengeluarkan Guarantee Letter atau Job Letter yang menjelaskan bahwa kandidat yang dimaksud adalah karyawan dari perusahaannya, dan harus tiba di negara tertentu pada tanggal tertentu. Job Letter ini dikirimkan ke kandidat melalui agensi.
Setelah kandidat menerima Job Letter ini, agensi akan membuatkan surat pengantar, dan membantu kandidat menjalani proses aplikasi Visa ke negara yang dituju. Setelah aplikasi diterima, pihak konsulat atau kantor perwakilan negara yang dituju akan memberikan jadwal untuk interview dan verifikasi untuk keperluan pembuatan visa. Kemudian kandidat harus melalui proses itu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
Setelah visa dikeluarkan, agensi akan memberitahu pihak perusahaan kapal pesiar. Lalu proses departure bisa dilaksanakan.

Jadi, berapa lama kandidat harus menunggu untuk diberangkatkan setelah dinyatakan lolos seleksi sangat bervariasi. Kalau pertanyaan ini dilontarkan ke agensi, bisa dipastikan agensi tidak bisa memberikan jawabannya. Karena wewenang mengeluarkan Guarantee Lettter atau Job Letter hanya ada di perusahaan kapal pesiar, bukan agensi.
Pada saat 'crew demand' (permintaan akan crew) tinggi, bisa saja Job Letter dikeluarkan dalam hitungan hari atau minggu. Tetapi pada saat tertentu - saat 'crew demand' sedang rendah, kandidat memang harus bersabar menunggu giliran. Menanyakan hal ini ke agensi hanya akan membuang waktu dan energi anda, karena memang bukan agensi yang memutuskan kapan anda akan diberangkatkan.


FAQ
Pertanyaan yang Sering Ditanyakan
Q: Siapa yang akan disewa oleh jalur pelayaran?
A: Karir-changer, kadang-kadang mahasiswa dan pensiunan.
Q: Apa latar belakang pengalaman yang paling umum dari karyawan?
A: Industri Perhotelan: hotel, restoran, bar, dll
Q: Apakah karyawan harus mampu berbahasa Inggris?
A: Ya, bahasa Inggris adalah suatu keharusan. Bahasa tambahan manfaat.
Q: Apakah orang-orang dengan pengalaman sebelumnya dalam industri pelayaran telah keuntungan?
A: Ya, jalur pelayaran memilih mereka. Mereka biasanya mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.
Q: Apa jenis pekerjaan yang tersedia di kapal pesiar?
A: Baca deskripsi pekerjaan dari 91 posisi yang dipilih di kapal pesiar.
Q: Berapa banyak karyawan mendapatkan?
A: Personil tip peroleh dari $ 1.500 hingga $ 4.000 USD per bulan (yang termasuk tips). Personil non-tipping mendapatkan dari $ 350 sampai $ 500 per minggu. Informasi lebih lanjut tentang upah.
Q: Apa yang harus saya lakukan untuk mencari pekerjaan di sebuah kapal pesiar?
A: Baca tentang proses perekrutan.
Q: Apakah warga non-AS memerlukan visa?
A: Ya, mereka harus mengajukan permohonan visa C1 dan D. Informasi lebih lanjut tentang visa dan izin kerja.
Q: Untuk apa waktu yang lama dapat saya bekerja di kapal pesiar?
A: Anda akan menandatangani kontrak selama 6 bulan. Anda dapat memperpanjang untuk 10 bulan. Kemudian istirahat wajib 6-8 minggu berikut. Anda mungkin akan ditawari kontrak baru setelah istirahat.
Q: Apa yang harus resume saya menjadi seperti?
A: Baca panduan untuk menulis resume yang baik / CV.
Q: Berapa lama hari kerja di kapal pesiar?
A: Dari 12 hingga 14 jam sehari, 7 hari seminggu.
Q: Apa akomodasi di kapal seperti?
A: kabin kecil, bersama dengan 2 atau lebih karyawan. Beberapa kabin memiliki satu set TV. Berbagi kamar mandi staf.
Q: Apa yang terjadi jika saya mendapatkan sakit ketika bekerja di kapal pesiar?
A: Anda mendapatkan bantuan pengobatan gratis. Majikan Anda akan membayar asuransi kesehatan Anda.
Q: Siapa yang membayar untuk tiket pesawat dari rumah saya ke pelabuhan?
A: Anda membeli sendiri satu tiket dan membayar deposit perjalanan $ 300 $ 500 sampai jalur pelayaran. Deposit akan dikembalikan kepada Anda ketika kontrak berakhir.
Q: Di mana saya harus mengirimkan aplikasi saya untuk pekerjaan itu?
A: Anda dapat mengirimkannya ke perusahaan pelayaran tetapi mereka mungkin akan menempatkan surat Anda ke samping atau kirimkan ke agen perekrutan. Kami sarankan Anda menghubungi agen perekrutan. Baca lebih lanjut tentang bagaimana agen perekrutan dapat membantu.
Q: Apakah saya akan mendapatkan pelatihan sebelum saya mulai bekerja?
A: Ya, Anda akan melewati beberapa program keselamatan kerja, pertolongan pertama, kebersihan dll, sebelum embarkasi.
Q: Dimana saya bisa mencari tahu tentang perusahaan pelayaran?
A: Lihat daftar jalur pelayaran.
Q: Di mana kapal-kapal pesiar berlayar?
A: Utara, Tengah & Amerika Selatan, Afrika Selatan, Mesir, Laut Mediterania, Eropa Utara, Pasifik.
Q: Dimana saya bisa menemukan pekerjaan di kapal pesiar?
A: Sejauh website terbaik dengan pekerjaan kapal pesiar adalah All Cruise Jobs.
Q: Dimana saya bisa mencari pekerjaan di kapal pesiar atau superyachts?

A: Yacrew.com merupakan sumber yang baik dari pekerjaan di kapal pesiar.

0 komentar:

Posting Komentar